Langsung ke konten utama

Unggulan

Punya Anak

Well, meskipun aku (merasa) sudah siap untuk punya anak bahkan sejak sebelum menikah, agaknya gamang juga ketika sekarang sedang mengandung janin 9 minggu. Sampai beberapa hari yang lalu. Aku nangis sesegukan karena teringat sama salah satu jama'ah masjid yang sekarang hidup sendiri pasca suaminya meninggal dunia dan mereka tidak memiliki anak. Walau tetap Allah jua lah yang menakdirkan kita diamanahkan anak atau tidak, tapi perasaanku melihat para janda yang tinggal seorang diri ini jadi kalut. Pasti sepi. Sendiri. Butuh teman. Aku yang juga dulu pernah punya tetangga dekat yang sama persis kondisinya dengan si ibu. Jadi, tahu persis bagaimana keseharian mereka. Sejak saat itu, aku sadar bahwa punya anak itu karunia yang sangat besar dari Allah. Pantaslah memang anak ini disebut sebagai qurrata a'yun (penyejuk mata) bagi orang tuanya. Investasi akhirat. Setidaknya, ada yang bisa dihubungi kalau kita kesepian di masa tua nanti. Makin degdegan menuju HPL 27 Oktober

Ad Hominem, Water, and Hair Growth



Saya pernah disudutkan habis-habisan karena bertanya soal penjelasan ilmiah kenapa air bisa mempercepat pertumbuhan rambut.

Percakapannya kira-kira seperti ini. Z adalah saya.

X : "Uda tumbuh rambutmu yang botak abis dijahit kemarin ya"
Y : "Iya, Bang. Sering keramas pula"
Z : "Memangnya air itu bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut?"
X : "Ya bisalah. Caklah ko piker kenapa tumbuhan bisa hidup. Karena air. Air adalah sumber kehidupan."
Z : "Bukan itu maksud awak, Bang. Kalau pada tumbuhan kan kita tahu penjelasan ilmiahnya. Nah, apakah berlaku hal yang sama untuk kulit tubuh manusia?"
X : "Ga semua hal butuh penjelasan. Kalau udah masuk akal, uda cukup lah itu"
Y : "Iya betul. Kakak punya akal ga?"

Oke, udah. Di-stop situ aja ya. Bakal panjang kalau mau diterusin. Karena terusannya itu, saya jadi ngenalin temen-temen sama istilah "ad hominem".

Apa itu ad hominem?

Kalo kata answers.com, ad hominem adalah attacking the person rather than the statements the person made. Lebih nyerang ke orangnya dari pada pernyataan yang dibuat oleh orang tsb.

Jadi, saya diserang "Kamu punya akal ga?" gegara akal saya yang terlalu kepo ini butuh penjelasan ilmiah tentang proses pertumbuhan rambut dan hubungannya dengan air.

Saya sih woles aja ya. Jawaban "kadang ga semua hal itu perlu penjelasan" menurut saya sama dengan jawaban "gue ga tau Sob apa penjelasanya atau gimana jelasinnya".

Ga kebayang, ntar kalo punya anak tipe Thinking yang rasa ingin tahunya besar, Bapak Ibunya justru jawab, "Ga semuanya butuh penjelasan, Nak". Kasian tu anak, nasibnya sama kayak ogut.

Kadang kita emang ga tau, tapi gengsi buat bilang ga tau. Gengsi buat bilang, "yuk lah sama-sama kita cari penjelasan ilmiahnya di gugel".

Ya, mungkin juga nada saya ketika nanya, "Memangnya air itu bisa mempercepat proses pertumbuhan rambut?" dianggap terlalu nge-gas. Mohon maaf ya. Akan saya perbaiki.

Toh, temen-temen jadinya tau dengan istilah "ad hominem" dan semoga kebuka pikirannya untuk mau berpikir lebih 'ngilmiah' bahkan untuk hal-hal sepele.

Jadi, apakah benar air bisa membuat rambut lebih cepat tumbuh?

Menurut beberapa sumber (ntar saya sebutin di paling bawah), air adalah sumber energi bagi setiap sel dalam tubuh kita, termasuk sel-sel rambut. Selain itu, air juga bisa mengaktivasi ujung-ujung saraf dan sensor-sensor dalam tubuh kita, yang kemudian bisa mendorong vitalitas akar rambut. So, benar sekali semakin banyak keramas atau minum air putih, rambut kita bisa semakin cepat tumbuh.

Penjelasan yang cukup sederhana sebenarnya. Tapi karena penyampaian pesan yang tidak tepat, jadinya seolah tidak ada penjelasan untuk pertanyaan sesederhana itu.

Gapapa, kita sama-sama belajar, kan?
Ok, segitu aja. Semoga teman-teman mendapatkan pencerahan.

Tentang penjelasan air dan pertumbuhan rambut, bisa dibaca di :
- https://www.stylecraze.com/articles/water-help-in-hair-growth/#gref
- https://www.boldsky.com/beauty/hair-care/2016/how-head-shower-improves-hair-growth/articlecontent-pf118825-100587.html

Komentar

Postingan Populer